Sen. Jun 24th, 2024

Siapa pun yang menggunakan diuretik dan penghambat sistem renin-angiotensin (RSA) untuk hipertensi (tekanan darah tinggi) harus berhati-hati juga untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit ibuprofen, menurut penelitian baru.

IMAGES

Diuretik dan penghambat RSA biasanya diresepkan bersama untuk penderita hipertensi dan tersedia dengan berbagai nama merek farmasi. Pereda nyeri seperti ibuprofen tersedia tanpa resep di sebagian besar apotek dan toko dengan merek populer termasuk Advil dan Motrin.

Para peneliti di University of Waterloo menggunakan uji coba obat yang disimulasikan komputer untuk memodelkan interaksi ketiga obat dan dampaknya pada ginjal. Mereka menemukan bahwa pada orang dengan profil medis tertentu, kombinasi tersebut dapat menyebabkan cedera ginjal akut, yang dalam beberapa kasus bisa permanen.

Ibuprofen adalah obat golongan obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk mengatasi nyeri, demam, dan peradangan. Ini termasuk periode menstruasi yang menyakitkan, migrain, dan rheumatoid arthritis. Nama merek umum dengan ibuprofen sebagai bahan aktif termasuk Advil dan Motrin.

“Tidak semua orang yang kebetulan menggunakan kombinasi obat ini akan mengalami masalah,” kata Anita Layton, profesor matematika terapan di Waterloo and Canada 150 Research Chair dalam biologi matematika dan kedokteran. “Tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu cukup menjadi masalah sehingga Anda harus berhati-hati.”

Uji coba obat yang disimulasikan komputer dapat dengan cepat menghasilkan hasil yang akan memakan waktu lebih lama dalam uji klinis pada manusia. Layton dan timnya menggunakan matematika dan ilmu komputer untuk memberi praktisi medis langkah awal dengan masalah seperti komplikasi obat.

Penelitian, dalam hal ini, juga dapat berbicara langsung dengan banyak orang yang menggunakan obat untuk hipertensi dan dapat mencapai obat penghilang rasa sakit dengan ibuprofen tanpa terlalu memikirkannya.

Demi untuk memenuhi kebutuhan para pembeli yang ingin, NagaPulsa.com menyediakan beberapa produk yang dibutuhkan berkaitan dengan Top-Up Game via PayPal ini. Diantara lain adalah Top-Up Garena via paypal, Top-Up Mobile Legend via paypal, Top-Up Free Fire via paypal, Top-Up Arena Of Valor via paypal, Top-Up PUBG Mobile via paypal, Top-Up Point Blank via paypal, Top-Up Call Of Duty via paypal dan lain lain. 

“Diuretik adalah keluarga obat yang membuat tubuh menahan lebih sedikit air,” kata Layton. “Menjadi dehidrasi adalah faktor utama dalam cedera ginjal akut, dan kemudian inhibitor RAS dan ibuprofen menghantam ginjal dengan pukulan tiga kali lipat ini. Jika Anda kebetulan menggunakan obat hipertensi ini dan membutuhkan obat penghilang rasa sakit, pertimbangkan acetaminophen sebagai gantinya.

Makalah penelitian baru Layton, dengan rekan penulis Jessica Leete, Carolyn Wang, dan Francisco J. López-Hernández, “Menentukan faktor risiko untuk cedera ginjal akut triple whammy,” muncul dalam jurnal Mathematical Biosciences.