Sen. Jun 24th, 2024

Spesies baru dinosaurus lapis baja telah dideskripsikan dari Cina. Ini adalah sisa-sisa fosil paling awal dari kelompok ini yang dapat ditemukan di Asia, menambah pemahaman tentang bagaimana dinosaurus yang penasaran ini berevolusi dan menyebar ke seluruh dunia.

IMAGESGambar: cdn1.epicgames.com

Dinosaurus lapis baja adalah beberapa dinosaurus yang paling dikenal, termasuk hewan terkenal seperti Stegosaurus dan Ankylosaurus.

Faktanya, salah satu dinosaurus pertama yang diberi nama adalah dinosaurus lapis baja, spesies ankylosaur yang ditemukan di Sussex Barat yang dikenal sebagai Hylaeosaurus .

Temuan baru ini berasal dari hewan yang hidup jauh sebelum spesies terkenal ini dan membantu para ilmuwan untuk memahami kapan dan di mana dinosaurus lapis baja pertama kali muncul sebelum dengan cepat menjajah seluruh dunia.

Prof Paul Barrett, seorang peneliti dinosaurus di Museum yang berfokus pada dinosaurus herbivora, membantu mendeskripsikan spesies baru tersebut bersama rekan-rekannya dari Tiongkok.

“Temuan fosil terdiri dari kerangka yang cukup lengkap, termasuk potongan tengkorak, tulang belakang, bagian anggota badan dan banyak sekali baju besi. Ini adalah contoh dinosaurus lapis baja paling awet dan paling awal dari seluruh Asia.

“Armor itu segera memberi tahu kita bahwa itu adalah anggota dari kelompok dinosaurus yang sama dengan stegosaurus dan ankylosaurs, tetapi usia dinosaurus memberi tahu kita bahwa itu adalah anggota awal, yang terletak tepat di luar salah satu dari dua kelompok ini, dan begitu dekat. kepada nenek moyang mereka berdua.”

Makalah yang menjelaskan dan memberi nama Yuxisaurus kopchicki telah diterbitkan dalam jurnal eLife.

Asal usul dinosaurus lapis baja

Selama Jurassic dan ke Periode Cretaceous , banyak dinosaurus herbivora berevolusi untuk ditutupi oleh lempeng tulang pertahanan yang luar biasa. , paku, dan tombol-tombol.

IMAGESGambar: cdn.hswstatic.com

Dinosaurus ini dibagi menjadi stegosaurus di satu sisi dan ankylosaurs di sisi lain. Stegosaurus yang lebih terkenal , dengan punggung piringnya membentang di sepanjang punggung dan ekornya yang berduri, adalah hewan besar yang besar, sedangkan ankylosaurs raksasa umumnya ditutupi perisai bertulang datar dan lebih seperti “meja kopi berjalan.”

Bersama-sama, stegosaurus dan ankylosaurs diperkirakan telah berevolusi dari nenek moyang yang sama dan membentuk kelompok yang dikenal sebagai thyreophorans, yang berarti “pembawa perisai.” Tapi sudah lama ada pertanyaan tentang kapan dan di mana kelompok ini berkembang.

“Rekan-rekan saya di China menemukan dinosaurus lapis baja baru ini di Yunnan, barat daya China, di bebatuan usia Jurassic Awal yang berusia antara 192-174 juta tahun yang lalu,” jelas Paul. “Ketika kami memasukkan hewan itu ke dalam analisis evolusioner, ia mendekati nenek moyang yang sama dari stegosaurus dan ankylosaurs.

“Ini membantu untuk mengkonfirmasi bahwa dinosaurus lapis baja awal hidup di wilayah ini saat ini. Kami hanya tahu sedikit tentang sejarah awal dinosaurus herbivora secara umum di China, jadi secara regional ini adalah penemuan yang sangat penting.”

Di masa lalu, dinosaurus thyreophoran sebagian besar telah dikaitkan dengan batuan yang berasal dari periode Jurassic dan Cretaceous Akhir (163-66 juta tahun yang lalu) di Amerika Utara dan Eropa. Ini telah mengungkapkan keragaman spesies yang luar biasa, tetapi telah lama diketahui bahwa asal-usul mereka harus lebih jauh ke belakang.

Kurangnya temuan bersejarah dari benua selatan ini telah menyebabkan beberapa orang menyarankan bahwa kelompok tersebut pasti berevolusi di utara. Namun penemuan baru-baru ini mengaburkan pendapat ini, dengan ankylosaur dan stegosaur yang paling awal diketahui ditemukan di formasi batuan yang sama di Maroko dan berasal dari sekitar 165 juta tahun yang lalu.

“Ada dinosaurus lapis baja awal yang mulai lebih banyak muncul di selatan,” jelas Paul. “Ada dua hewan dari sekitar 200 juta tahun yang lalu dari Venezuela dan Afrika Selatan, yang tidak memiliki baju besi, tapi mungkin anggota paling awal dari kelompok itu, menunjukkan seperti apa mereka sebelum mereka mengembangkan baju besi.

“Jika hewan-hewan ini termasuk dalam kelompok maka kemungkinan dinosaurus lapis baja berasal dari benua selatan, tetapi ide ini kontroversial. Jika mereka tidak termasuk dalam kelompok, maka asal-usulnya berlabuh di belahan bumi utara. Saat ini, kami tidak memiliki cara untuk memilih di antara alternatif-alternatif ini.”

Dinosaurus kosmopolitan

Penemuan baru ini bukanlah anggota paling awal yang diketahui dari kelompok ini, tetapi merupakan penemuan kontemporer dari sejumlah spesies lain dari seluruh dunia, seperti spesies di Jerman dan Inggris. Apa yang dilakukan oleh penemuan ini adalah membantu untuk mengisi gambaran tentang seperti apa wilayah di China ini pada saat ini dan bagaimana hewan-hewan ini berevolusi.

Formasi khusus di Cina ini telah mengungkapkan fosil dinosaurus lainnya, tetapi sejauh ini didominasi oleh sauropoda besar berleher panjang dan kerabat awal mereka. Temuan baru ini menambah keragaman herbivora lain yang pasti juga ada di ekosistem saat itu.

Fakta bahwa Yuxisaurus berasal dari Jurassic Awal juga menarik. Hewan ini berbeda dari dinosaurus lapis baja awal lainnya karena memiliki tubuh yang lebih kekar dan susunan pelat lapis baja yang khas yang akan menutupi punggungnya. Ini menunjukkan bahwa hewan purba ini bereksperimen dengan bentuk tubuh dan ekologi mereka lebih awal dari yang diperkirakan para ilmuwan sebelumnya.

“Dinosaurus lapis baja muncul pada awal Jurassic dan dalam beberapa juta tahun sudah berkembang menjadi beberapa jenis yang berbeda,” jelas Paul. “Selain itu mereka mencapai distribusi di seluruh dunia sangat awal dalam sejarah mereka.

“Sekelompok anggota stegosaurus dan ankylosaurs yang sangat awal dari waktu yang sedikit lebih lama telah ditemukan tersebar di seluruh dunia, jadi mereka pasti mampu bergerak melintasi dan antar benua.

“Sampai saat ini, kami berasumsi bahwa semua evolusi dinosaurus lapis baja terjadi di utara, tetapi temuan baru menunjukkan bahwa ini tidak benar.”